Bali Siapkan SOP Terintegrasi Sambut Turis Asing, Imigrasi Berlakukan Visa Elektronik

Rabu, 29 September 2021 – 12:42 WIB
Bali Siapkan SOP Terintegrasi Sambut Turis Asing, Imigrasi Berlakukan Visa Elektronik - JPNN.com Bali
Aktivitas Bandara Ngurah Rai berjalan normal di tengah merabaknya virus corona yang memukul industri pariwisata Bali. Foto: Ali Mustofa/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pelaku wisata di Pulau Dewata sudah tidak sabar pariwisata Bali segera dibuka untuk wisatawan mancanegara (wisman).

Untuk itu, Dinas Pariwisata Bali segera menyiapkan buku panduan terkait standar operasional prosedur (SOP) terintegrasi yang wajib dipatuhi pelaku wisata maupun wisatawan.

SOP terintegrasi ini bakal jadi panduan untuk daerah setempat sehingga bisa dilaksanakan dengan standar yang sama.

"Saya bersama para pakar pariwisata segera berkumpul untuk menyusun SOP terintegrasi dalam penanganan wisatawan sehingga semua komponen bisa memahami dan bertindak dengan standar sama," kata Kadis Pariwisata Provinsi Bali I Putu Astawa.

Menurut Astawa, dengan SOP ini akan lebih mudah melakukan pencegahan dan penanggulangan terhadap penyebaran covid-19 di sektor pariwisata.

Untuk itu, Dinas Pariwisata akan mengundang para pihak untuk membahas SOP terintegrasi ini.

Mulai dari pihak imigrasi, travel hingga hotel.

Kabid Inteldak Kanwil Kemenkumham Provinsi Bali Rachmat mengatakan, dengan dikeluarkannya Permenkumham Nomor 34 tahun 2021 sebenarnya pariwisata Indonesia dan Bali sudah buka.

Bali mulai siapkan SOP terintegrasi sambut turis asing. Imigrasi bakal memberlakukan visa elektronik untuk mengurangi penyebaran covid-19