Kemenkumham NTB Gelar Sosialisasi Pengelolaan Kearsipan, Ini Tujuannya

Rabu, 09 Oktober 2024 – 14:58 WIB
 Kemenkumham NTB Gelar Sosialisasi Pengelolaan Kearsipan, Ini Tujuannya - JPNN.com Bali
Fuji Yani Hening Winahyu selaku Arsiparis Ahli Muda pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mataram melakukan sosialisasi masalah kearsipan di Kemenkumham NTB, Rabu (9/10). Foto: Kemenkumham NTB

bali.jpnn.com, MATARAM -
Kanwil Kemenkumham NTB menggelar Sosialisasi Pengelolaan Kearsipan bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham NTB, Rabu (9/10).

Sosialisasi ini diselenggarakan dalam rangka menciptakan tata kelola kearsipan yang efektif sesuai dengan norma, standar, prosedur, dan kriteria kearsipan.

Hadir sebagai narasumber Fuji Yani Hening Winahyu selaku Arsiparis Ahli Muda pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mataram.

Sosialisasi ini diikuti oleh jajaran Kanwil Kemenkumham NTB dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-NTB baik secara langsung maupun virtual melalui zoom meeting.

Dalam paparannya, Fuji menyampaikan bahwa menurut Undang-Undang (UU) Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa yang dibuat dan diterima oleh berbagai lembaga.

Mulai dari lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perorangan.

Kadiv Administrasi Muslim Alibar menyampaikan bahwa pengelolaan kearsipan menjadi proses penting dalam manajemen tata usaha di instansi pemerintah seperti Kemenkumham.

"Dengan tujuan seperti menjamin ketersediaan arsip yang autentik dan terpercaya sebagai alat bukti yang sah,” kata Muslim Alibar mewakili Kakanwil Kemenkumham NTB kemarin.

Kanwil Kemenkumham NTB menggelar Sosialisasi Pengelolaan Kearsipan bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham NTB, Rabu (9/10).
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News