Umat Hindu Mulai Menggelar Ritual Melasti Menjelang Nyepi 2024, Padat Merayap

Jumat, 08 Maret 2024 – 20:42 WIB
Umat Hindu Mulai Menggelar Ritual Melasti Menjelang Nyepi 2024, Padat Merayap - JPNN.com Bali
Umat Hindu Bali di Kota Denpasar mulai Jumat hari ini (8/3) menggelar ritual Melasti menjelang Hari Raya Nyepi 2024. Foto: Humas Polresta Denpasar

bali.jpnn.com, DENPASAR - Umat Hindu di Provinsi Mulai mulai memadati sejumlah pantai untuk mengikuti ritual Melasti menjelang Hari Suci Nyepi Saka 1946.

Tak terkecuali umat Hindu di Kota Denpasar.

Di Denpasar Selatan, misalnya, ada beberapa pantai yang digunakan masyarakat untuk melaksanakan prosesi Melasti pada Jumat (8/3).

Seperti di Pantai Mertasari Desa Sanur Kauh; Pantai Segara Kelurahan Sanur; Pura Pemelisan Kelurahan Sesetan; Pantai Bangsal Desa Sanur Kaja dan Pemelisan Pura Candi Narmada Desa Pemogan.

Ritual Melasti juga dilaksanakan masyarakat Kuta Selatan di Pantai Samuh dan Pantai Mengiat di kawasan ITDC, sedangkan di Denpasar Timur berlangsung di Pantai Padanggalak.

Untuk mengamankan lokasi ritual Melasti, jajaran kepolisian dari Polresta Denpasar menerjunkan ratusan anggota.

Aparat kepolisian ikut membantu turun tangan mengawal umat Hindu yang tengah melakukan ritual Melasti.

Selama ritual berlangsung, umat Hindu terlihat berjalan beriringan dengan menjunjung atau membawa banten (sesajen), pratima (benda-benda suci), tedung (payung), umbul-umbul, barong hingga rangda ke pantai.

Umat Hindu Bali di Kota Denpasar mulai menggelar ritual Melasti menjelang Hari Raya Nyepi 2024, Senin (11/3) mendatang, padat merayap
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News