Dr Kastawan: Redesain Pelabuhan Gilimanuk Bali Mengusung Konsep Green Port

Rabu, 28 Februari 2024 – 20:04 WIB
Dr Kastawan: Redesain Pelabuhan Gilimanuk Bali Mengusung Konsep Green Port - JPNN.com Bali
Pelabuhan Gilimanuk diambil dari udara. Pelabuhan Gilimanuk akan dikembangkan dengan mengusung konsep Green Port. Foto: ASDP

bali.jpnn.com, JEMBRANA - Dr Eng Ir I Wayan Kastawan mengatakan redesain pengembangan Pelabuhan Gilimanuk akan mengadopsi konsep Green Port.

Menurut Koordinator Perencanaan Penyusunan Basic Design Pelabuhan Gilimanuk, Green Port ini akan dikembangkan secara berkelanjutan, baik secara lingkungan, budaya maupun ekonomi.

"Jadi, nanti di Kawasan Pelabuhan Gilimanuk ada hotel transit, marina, resto apung, museum manusia prasejarah dan galeri seni.

Terminal Tipe B Gilimanuk juga akan diupgrade dan difungsikan dengan MPP untuk para penduduk pendatang serta galeri UMKM," ujar Dr Eng Ir I Wayan Kastawan dilansir dari laman Pemkab Jembrana.

Hal tersebut diungkap Dr Eng Ir I Wayan Kastawan saat menggelar rapat koordinasi dengan Bupati Jembrana Nengah Tamba, Manajer PT ASDP Ketapang Banyuwangi Syamsudin serta sejumlah Kepala OPD Pemkab Jembrana.

Dosen Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Udayana ini berharap Pelabuhan Gilimanuk ke depan diharapkan menjadi motor penggerak pengembagan kawasan terintegrasi.

"Jadi kalau saat ini radiusnya sekitar 100-200 meter, nantinya ke depan kita perluas sampai dengan pertigaan menuju arah Denpasar dan Singaraja.

Pasalnya, di kawasan tersebut nanti menjadi titik pintu masuk tol Gilimanuk-Mengwi.

Dr Eng Ir I Wayan Kastawan mengatakan redesain pengembangan Pelabuhan Gilimanuk akan mengadopsi konsep Green Port
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News