BMKG: Fenomena El Nino Mempengaruhi Cuaca di Bali, Hujan Relatif Normal

Selasa, 09 Januari 2024 – 16:36 WIB
BMKG: Fenomena El Nino Mempengaruhi Cuaca di Bali, Hujan Relatif Normal - JPNN.com Bali
Mendung tebal menggelayut di areal persawahan di Desa Wisata Taro, Tegallalang, Gianyar, Bali. Foto: Ali Mustofa/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mengatakan cuaca di Pulau Bali masih dipengaruhi fenomena El Nino.

Indeks El Nino Osilasi Selatan (ENSO) tercatat mencapai plus 1,63.

ENSO didefinisikan sebagai anomali pada suhu permukaan laut di Samudera Pasifik di pantai barat Ekuador dan Peru yang lebih tinggi dari rata-rata normalnya.

El Nino menunjukkan kondisi anomali suhu permukaan laut di Samudera Pasifik ekuator bagian timur dan tengah yang lebih panas dari normalnya.

Anomali suhu permukaan laut di wilayah Pasifik bagian barat dan perairan Indonesia yang biasanya hangat menjadi lebih dingin dari normalnya.

“Kondisi itu tidak signifikan terhadap peningkatan hujan di wilayah Indonesia,” kata Cahyo Nugroho di Denpasar, Selasa (9/1).

Koordinator Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar Nyoman Gede Wiryajaya mengatakan Indeks ENSO masih berada pada level moderat antara 1 - 2.

Level moderat El Nino ini masih terjadi hingga Januari – Februari 2024.

BMKG Wilayah III Denpasar: Fenomena El Nino masih mempengaruhi cuaca di Bali, hujan relatif normal, tidak terjadi peningkatan signifikan
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News