Flu Burung Kembali Bikin Heboh, Dinas Kesehatan Bali Bergerak

Minggu, 26 Februari 2023 – 11:32 WIB
Flu Burung Kembali Bikin Heboh, Dinas Kesehatan Bali Bergerak - JPNN.com Bali
Ilustrasi Petugas kesehatan mengubur ayam di peternakan unggas tempat virus flu burung merebak. Foto: ANTARA/Yonhap/via REUTERS/as

bali.jpnn.com, DENPASAR - Kasus Flu Burung kembali bikin heboh.

Meski sampai saat ini belum ditemukan di Bali, tetapi Dinas Kesehatan memerintahkan jajaran dinas kesehatan di kabupaten/kota, termasuk fasilitas kesehatan, agar segera melapor apabila ditemukan kasus dengan gejala Flu Burung.

"Sampai saat ini belum ditemukan kasus Flu Burung di Bali, tetapi kami sudah diperintahkan agar segera melapor dalam 1 x 24 jam ke Kemenkes," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bali I Nyoman Gede Anom.

Sebelumnya, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) telah mengeluarkan surat edaran per tanggal 16 Januari 2023.

Surat tersebut berisi peningkatan kewaspadaan terhadap Flu Burung atau HPAI (Highly Pathogenic Avian Influenza) subtipe H5N1.

Disebutkan ada kenaikan wabah HPAI H5N1 clade 2.3.4.4b dan clade 2.3.2.1c di dunia dan telah teridentifikasi positif virus H5N1 clade 2.3.4.4b melalui uji PCR dan sekuencing di peternakan komersial bebek peking yang tidak divaksin di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Saya sudah perintahkan dinas kesehatan kabupaten/kota juga untuk waspada dan melapor 1 x 24 jam bila ditemukan kasus Flu Burung di daerahnya masing-masing," imbuhnya.

Flu Burung sendiri sudah lama hilang dari Bali.

Flu Burung kembali merebak di Indonesia dan bikin heboh Pulau Dewata, Dinas Kesehatan Bali langsung bergerak
Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News