Bupati Dana Buka Pasar Rubaya, Tugasi Dokter Hewan Tangkal PMK

Sabtu, 01 Oktober 2022 – 20:18 WIB
Bupati Dana Buka Pasar Rubaya, Tugasi Dokter Hewan Tangkal PMK - JPNN.com Bali
Bupati Karangasem Gede Dana saat memantau Pasar Rubaya yang kini diawasi dokter hewan terkait kesehatan sapi dari PMK di Karangasem, Sabtu (1/10). Foto: ANTARA/HO-Pemkab Karangasem

bali.jpnn.com, AMLAPURA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karangasem, Bali menugaskan dokter hewan untuk melakukan pengawasan terhadap kesehatan sapi di Pasar Rubaya.

Langkah ini diambil untuk menghindari terjadinya penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang sempat menyebar beberapa waktu lalu.

“Saya bersama Ketua Satgas Penanganan PMK sengaja turun hari ini untuk memastikan seperti apa pengawasan yang dilakukan oleh dokter hewan terhadap sapi yang dijual belikan di Pasar Rubaya.

Ini penting untuk cegah tangkal penyebaran PMK," kata Bupati Karangasem Gede Dana.

Bupati  Gede Dana  ingin memastikan sapi Bali yang diperjualbelikan di Pasar Rubaya benar-benar sehat dan terbebas dari PMK.

Bupati Dana mengambil kesempatan untuk membuka kembali pasar hewan, dengan beberapa upaya pendukung seperti minta Dinas Pertanian menyiapkan pos pengawasan kesehatan di masing-masing pasar.

"Saya menugaskan beberapa medik veteriner atau dokter hewan pada setiap pasar hewan.

Ini sangat penting, mengingat sejumlah petani dan saudagar sapi dari beberapa kabupaten lain juga melakukan transaksi di dua pasar hewan ini," ucap Bupati Dana.

Bupati Karangasem Gede Dana membuka Pasar Hewan Rubaya, beri tugas dokter hewan untuk menangkal penyakit PMK
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News