Warga Ubud Upacara Kemerdekaan RI di Sungai Oos, Maknanya Dalam Sekali

Rabu, 17 Agustus 2022 – 18:17 WIB
Warga Ubud Upacara Kemerdekaan RI di Sungai Oos, Maknanya Dalam Sekali - JPNN.com Bali
Upacara kemerdekaan RI ke-77 di Ubud, kabupaten Gianyar, Bali diadakan di pertemuan sungai Oos, titik pertemuan Sungai Oos Lanang dan Sungai Oos Wadon. Foto: ANTARA/Adi Lazuardi

bali.jpnn.com, UBUD - Ada yang menarik saat Upacara Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI) di Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali, Rabu (17/8).

Upacara Kemerdekaan RI bukan digelar di lapangan, tetapi di sungai, tepatnya pada titik pertemuan Sungai Oos Lanang dan Sungai Oos Wadon.

Upacara yang digelar oleh Yayasan Puri Kauhan Ubud itu melambangkan pertemuan aspirasi kemerdekaan berbagai suku bangsa dan daerah di bumi nusantara.

"Upacara kemerdekaan RI di lapangan itu biasa, upacara kemerdekaan di perkantoran itu juga sudah biasa, tetapi kali ini upacara kemerdekaan di lokasi pertemuan dua Sungai Oos, Ubud, ini sesuatu yang unik," kata Ketua Yayasan Puri Kauhan Ubud AA Ari Dwipayana.

Kepala Staf Khusus Presiden bidang Politik dan Pemerintahan ini kemudian menjelaskan makna upacara kemerdekaan di lokasi pertemuan dua Sungai Oos.

"Dalam mengisi kemerdekaan, seluruh bangsa Indonesia harus mencari titik temu, karena pertemuan itu adalah kekuatan.

Pertemuan itu adalah suatu anugerah.

Perbedaan bukanlah penghalang, tetapi cara untuk mencari titik pertemuan," ujar AA Ari Dwipayana.

Warga Ubud bersama Yayasan Puri Kauhan Ubud menggelar upacara kemerdekaan ke 77 Republik Indonesia (RI) di Sungai Oos, maknanya dalam sekali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News