BI Bali Sediakan Rp 4,9 Triliun untuk Kebutuhan Idulfitri 2022

Kamis, 07 April 2022 – 15:50 WIB
BI Bali Sediakan Rp 4,9 Triliun untuk Kebutuhan Idulfitri 2022 - JPNN.com Bali
Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali Trisno Nugroho bersama masyarakat yang menukarkan uang tunai di kantor setempat. Foto: ANTARA/HO-BI Bali.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Hari Raya Idulfitri 2022 masih 25 hari lagi.

Namun, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Bali sudah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 4,9 triliun.

Uang sebanyak itu untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai pada bulan Ramadan dan Idulfitri 2022.

Jumlah sebanyak itu lebih besar empat kali dari kebutuhan per bulan.

Bank Indonesia (BI) mencatat jumlah uang yang diedarkan pada triwulan I 2022 di wilayah Bali sebesar Rp 1,52 triliun atau rata-rata setiap bulannya sebesar Rp 508 miliar.

Namun, khusus untuk bulan April 2022 ini, kebutuhan uang tunai diperkirakan naik menjadi Rp 1,11 triliun atau naik 119,4 persen dibandingkan rata-rata per bulan di triwulan I 2022.

“Peningkatan kebutuhan uang tunai ini seiring dengan peningkatan aktivitas ekonomi dan pembayaran dengan adanya penyesuaian kebijakan pemerintah untuk para pelaku perjalanan," ujar Kepala KPwBI Provinsi Bali Trisno Nugroho.

Trisno menambahkan selain menyediakan uang tunai sebesar Rp 4,9 triliun, pihaknya juga memperluas titik penukaran uang di luar kantor Bank Indonesia sebanyak 294 lokasi di seluruh jaringan kantor bank di Provinsi Bali

Perwakilan Bank Indonesia Bali menyediakan Rp 4,9 triliun untuk kebutuhan Ramadan dan Idulfitri 2022
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News