Perumda Pasar Arya Nayottama Terapkan e-Pungutan, Pendapatan Naik 20 Persen

Selasa, 22 Maret 2022 – 15:15 WIB
Perumda Pasar Arya Nayottama Terapkan e-Pungutan, Pendapatan Naik 20 Persen  - JPNN.com Bali
Pasar Banyuasri di Buleleng jadi salah satu yang sudah menerapkan e-pungutan yang diberlakukan Perumda Pasar Arya Nayottama. (Humas Pemkab Buleleng)

bali.jpnn.com, BULELENG - Sistem e-Pungutan (pungutan berbasis online) yang diberlakukan sejak Oktober 2018 lalu di beberapa pasar di Kabupaten Buleleng, rupanya, memberikan hasil yang cukup signifikan dari segi pendapatan daerah.

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Arga Nayottama melaporkan ada kenaikan pendapatan dengan persentase kenaikan 20 persen lebih per tahun.

Menurut Direktur Utama (Dirut) Perumda Pasar Arga Nayottama Buleleng I Made Agus Yudi Arsana, sistem e-Pungutan sangat efektif dan transparan menanggulangi tunggakan dan permainan dari oknum-oknum yang membuat pendapatan daerah bocor.

Dalam penerapan e-Pungutan ini, pihaknya menggandeng Bank BPD Bali.

BPD Bali lalu menunjuk agen untuk mengumpulkan pedagang agar mengisi saldo membayar kewajiban dan meregistrasi pedagang hanya dengan KTP saja.

"Agen yang ditunjuk dari pihak bank akan bertugas mengumpulkan pedagang dan mengisi saldo tabungan untuk membayar kewajiban.

Petugas dari Perumda Pasar kemudian langsung memungut dengan mesin electronic data capture (EDC) yang langsung dipotong tagihannya lewat rekening saja," ujar I Made Agus Yudi Arsana dilansir dari laman Pemkab Buleleng.

Agus Yudi mengatakan pilot project pertama dari penerapan e-Pungutan ini adalah Pasar Kampung Bugis yang juga mencangkup Pasar Latri.

Perumda Pasar Arya Nayottama Buleleng mengeklaim penerapan e-Pungutan berdampak dengan kenaikan pendapatan yang mencapai 20 persen
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia