Umat Hindu Tumpah Ruah Gelar Ritual Melasti Jelang Nyepi, Ini 5 Pantai yang Dipadati Warga

Senin, 28 Februari 2022 – 18:44 WIB
Umat Hindu Tumpah Ruah Gelar Ritual Melasti Jelang Nyepi, Ini 5 Pantai yang Dipadati Warga - JPNN.com Bali
Suasana ritual Melasti yang digelar Umat Hindu di Kota Denpasar menyambut datangnya Hari Raya Nyepi, Senin (28/2) hari ini. (Sentot Prayogi/JPNN.com)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Sejumlah bibir pantai di wilayah Kota Denpasar menjadi tempat tumpah ruah puluhan ribu umat Hindu, Senin (28/2).

Sedikitnya ada lima titik pantai di Kota Denpasar  yang menjadi sentral ritual persembahyangan Melasti bagi warga dari puluhan banjar se-Kota Denpasar.

Di antaranya Pantai Mertasari, Pantai Segara, Pantai Pemelisan, Pantai Padanggalak, dan Pemelisan Desa Adat Pedungan di areal Pelabuhan Benoa.

Pantai Mertasari menjadi lokasi Melasti bagi seluruh warga di Kelurahan Panjer, Desa Adat Penyaringan, Desa Adat Sanur Kauh, dan Desa Adat Sidakarya.

Sedangkan Pantai Segara disesaki warga Desa Adat Hyang Batu Denpasar Timur, dan warga Desa Adat Sesetan memusatkan ritual Melasti di Pantai Pemelisan.

Pantai Padanggalak, Denpasar Timur juga dibanjiri ribuan umat Hindu dari berbagai desa adat di wilayah Denpasar Timur.

Iring-iringan umat Hindu tampak memanjang di sepanjang Jalan Raya Sesetan hingga ke arah Pantai Pemelisan dan Pantai Mertasari.

Pasalnya, warga dari dua desa adat mempertahankan tradisi lama dengan berjalan kaki menuju pantai.

Umat Hindu Bali tumpah ruah menggelar ritual Melasti jelang Hari Rayan Nyepi, di Kota Denpasar ada 5 pantai yang dipadati warga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News