Ribuan Umat Hindu Desa Adat Pedungan Denpasar Gelar Upacara Melasti Sambut Nyepi

Senin, 28 Februari 2022 – 17:42 WIB
Ribuan Umat Hindu Desa Adat Pedungan Denpasar Gelar Upacara Melasti Sambut Nyepi - JPNN.com Bali
Umat Hindu dari 14 banjar di Desa Adat Pedungan Denpasar bergiliran mengikuti upacara Melasti di pemelisan desa setempat. (Humas Polsek KP3 Benoa)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Pemelisan Desa Adat Pedungan, Kelurahan Pedungan, Denpasar Selatan dijejali ribuan warga, Senin (28/2).

Sepanjang hari ini, silih berganti warga dari 14 banjar yang ada di Kelurahan Pedungan menjalani ritual persembahyangan Melasti.

Ritual Melasti merupakan bagian dari rangkaian Catur Brata Nyepi, yang puncaknya pada Hari Suci Nyepi 3 Maret 2022 nanti.

Dalam persembahyangan Melasti, umat Hindu melakukan penyucian diri serta benda-benda sakral milik pura, seperti pralingga ataupun pratima.

Berbeda dengan warga desa adat lainnya di Kota Denpasar, Desa Adat Pedungan, Denpasar Selatan memusatkan Melasti warganya di Pemelisan Desa Adat Pedungan.

Dengan begitu, potensi kerumunan warga saat menjalani persembahyangan Melasti yang lebih besar bisa dihindari.

Sejak pukul 06.30 WITA, secara bergantian ribuan warga dari 14 banjar di Kelurahan Pedungan terus memadati Pemelisan Desa Adat Pedungan.

Persembahyangan Melasti di Pemelisan Desa Adat Pedungan dipuput oleh Mangku Gede Kayangan Tiga beserta pemangku dari masing-masing banjar.

Ribuan umat Hindu Desa Adat Pedungan Denpasar kompak menggelar Upacara Melasti secara bergiliran menyambut datangnya Hari Raya Nyepi
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News