Hari Raya Tumpek Uye: Cara Krama Bali Menyayangi Binatang, Lepas Ribuan Burung, Ikan dan Tukik

Sabtu, 29 Januari 2022 – 17:44 WIB
Hari Raya Tumpek Uye: Cara Krama Bali Menyayangi Binatang, Lepas Ribuan Burung, Ikan dan Tukik - JPNN.com Bali
Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana didampingi Wakil Bupati dr. I Nyoman Sutjidra serta Sekda Gede Suyasa melepasliarkan burung dan ikan di Danau Tamblingan, Sabtu (29/1). (Humas Pemkab Buleleng)

bali.jpnn.com, BULELENG - Untuk merayakan Hari Raya Tumpek Uye atau yang sering disebut Tumpek Kandang, Pemerintah Provinsi Bali memberi arahan kepada masyarakat untuk melepasliarkan binatang maupun hewan, seperti burung, ikan dan tukik.

Imbauan ini berlaku serentak di seluruh wilayah kabupaten/kota di Bali. 

Imbauan itu diikuti Pemkab Buleleng dengan melepasliarkan burung dan ikan yang kegiatannya dipusatkan di Danau Tamblingan, Sabtu hari ini (29/1).

Pelepasliaran burung dan ikan dilaksanakan Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana didampingi Wakil Bupati dr. I Nyoman Sutjidra serta Sekda Gede Suyasa.

Selain itu, turut hadir unsur Forkopimda Buleleng, dan jajaran perangkat daerah di lingkungan pemerintah daerah.

Sebelum pelepasliaran burung dan ikan, terlebih dahulu dilakukan persembahyangan bersama di pelataran Pura Ulun Danu Tamblingan.

Selain pelepasliaran burung dengan total berjumlah 6.827 ekor itu, jajaran Pemkab Buleleng yang terdiri dari perangkat daerah, desa/kelurahan, dan satuan pendidikan juga melaksanakan pelepasliaran benih ikan sebanyak 167.267 ekor.

Kemudian pelepasan 6.497 ekor tukik di sejumlah titik pantai di Kabupaten Buleleng. 

Hari ini Krama Hindu Bali menggelar Hari Raya Tumpek Uye. Hari raya ini digelar sebagai wujud menyayangi binatang, lepas ribuan burung, ikan dan tukik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News