Viral Mempelai Perempuan Menikahi Keris, Simak Kalimat Tegas MDA Bali, Klir

Kamis, 20 Januari 2022 – 09:31 WIB
Viral Mempelai Perempuan Menikahi Keris, Simak Kalimat Tegas MDA Bali, Klir - JPNN.com Bali
Bandesa Agung/Ketua Majelis Desa Adat Provinsi Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet di Denpasar, Rabu (19/1/2021). Foto: ANTARA/Ni Luh Rhismawati.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Video pernikahan seorang perempuan cantik asal Desa Saba, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali, menikahi keris setelah mempelai pria membatalkan acara pawiwahan (pernikahan) mendapat respons Majelis Desa Adat (MDA).

Bandesa Agung/Ketua Majelis Desa Adat (MDA) Provinsi Bali Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet mengusulkan tokoh-tokoh agama Hindu kembali membahas keabsahan ritual pernikahan seorang wanita dengan keris.

"Perlu dibahas oleh tokoh-tokoh agama, para sulinggih, dan pandita supaya mengeluarkan semacam 'bhisama', bagaimana statusnya dari segi agama," kata Ida Pangelingsir di Denpasar.

Menurut Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet, ritual pernikahan seorang wanita Hindu Bali dengan keris biasanya dilakukan ketika seorang mempelai wanita yang hamil di luar nikah, tetapi calon suaminya meninggal atau pergi tanpa kabar.

"Dari sisi agama atau adatnya bagaimana?

Saya tidak ingin mendahului.

Lebih baik ini didiskusikan dan dibahas bersama oleh para sulinggih dan tokoh-tokoh agama melalui agenda paruman (rapat)," ujarnya.

Dengan dibahas oleh tokoh-tokoh agama, dapat dikaji dari sisi sastra (kitab suci) dan tatwa (filosofi) apakah pernikahan dengan keris itu dibenarkan atau tidak secara agama.

Viral seorang mempelai perempuan menikahi keris menjadi bahasan publik. Simak kalimat tegas MDA Bali terkait persoalan sosial ini, klir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News