Virolog Unud Prediksi Januari – Februari 2021 Covid-19 Melonjak, Ini Penawarnya

Rabu, 08 September 2021 – 01:00 WIB
Virolog Unud Prediksi Januari – Februari 2021 Covid-19 Melonjak, Ini Penawarnya - JPNN.com Bali
Ilustrasi vaksinasi. (Istimewa)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Ahli Virologi Universitas Udayana, Prof I Gusti Ngurah Kade Mahardika memprediksi masih terjadi letupan kasus covid-19 untuk ke depan.

Guru Besar Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana ini memprediksi, letupan bakal terjadi pada bulan Januari – Februari 2022.

Meski terjadi letupan covid-19, Prof Mahardika mengatakan, kemungkinan besar tidak disertai peningkatan tingkat hunian rumah sakit dan peningkatan jumlah kematian.

“Sekali lagi, vaksinasi covid-19 masih cukup efektif untuk mencegah infeksi berat dan meninggal dunia,” kata Prof Mahardika.

Namun, kata Prof Mahardika, vaksin tidak mencegah penyebaran di komunitas.

Karena itu, pemerintah seharusnya merevisi target vaksinasi dan paling ideal 100 persen penduduk divaksin dua kali.

"Data dunia menunjukkan vaksin tidak mencegah penyebaran di komunitas, namun mencegah gejala berat dan jumlah kematian, karena itu target vaksinasi sebaiknya 100 persen penduduk itu divaksinasi," ujar Prof Mahardika.

Lantas, apa yang membuat covid-19 di Bali begitu lama turun dibanding dengan di Pulau Jawa?

Ahli virologi Unud Prof Mahardika memprediksi bulan Januari - Februari 2021 kasus covid-19 bakal melonjak. Ini penawar untuk mengatasi lonjakan covid
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News