Pandemi Tak Berpengaruh, Semester 1 2021 Dinkes Karangasem Catat 3.872 Ibu Hamil

Sabtu, 14 Agustus 2021 – 11:35 WIB
Pandemi Tak Berpengaruh, Semester 1 2021 Dinkes Karangasem Catat 3.872 Ibu Hamil - JPNN.com Bali
Ilustrasi ibu hamil. Foto: Pixabay

bali.jpnn.com, AMLAPURA - Pandemi covid-19 rupanya tak ada pengaruhnya bagi pasangan suami istri di Kabupaten Karangasem untuk mendapatkan momongan.

Buktinya, selama semester 1 2021, Dinas Kesehatan (Dinkes) Karangasem mencatat ada 3.872 ibu hamil di Gumi Lahar.

Jumlah tersebut terbilang stabil, hampir sama seperti pada tahun 2020 lalu.

Sepanjang 2020 lalu, Dinkes Karangasem mencatat ada 7.374 ibu hamil.

“Relatif sama, tidak ada peningkatan signifikan. (Pandemi) Belum ada pengaruhnya,” ujar Kadinkes Karangasem dr. I Gusti Bagus Putra Pertama dikutip dari Radarbali.id.

Salah seorang dokter kandungan di Kabupaten Karangasem, dr. I Gede Parwata Yasa mengatakan, kehamilan di masa pandemi cenderung memiliki risiko tinggi terpapar virus covid-19.

Hal ini, kata dia, karena saat mengandung, daya tahan tubuh seorang ibu cenderung menurun, sering lelah dan mudah sakit.

“Pada kehamilan normal, seorang ibu hamil memiliki beban yang lebih berat bagi jantung dan paru-parunya terutama pada usia kehamilan 35 minggu.

Selama semester 1 2021, Dinas Kesehatan (Dinkes) Karangasem mencatat ada 3.872 ibu hamil di Gumi Lahar. Jumlah itu terbilang stabil, sama seperti tahun lalu
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News