Covid-19 Tak Kunjung Melandai, Bali Libatkan Mahasiswa untuk Testing dan Tracing

Selasa, 10 Agustus 2021 – 19:35 WIB
Covid-19 Tak Kunjung Melandai, Bali Libatkan Mahasiswa untuk Testing dan Tracing - JPNN.com Bali
Ilustrasi testing dan tracing. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

bali.jpnn.com, DENPASAR - Belum adanya tanda-tanda covid-19 di Bali melandai meski PPKM diperpanjang memaksa Satgas Provinsi bergerak cepat.

Satgas bakal menyebar sejumlah swaber untuk melakukan tracing dan testing. Mereka bakal membantu tenaga swaber di puskesmas di seluruh Bali.

Para swaber ini akan direkrut dari sejumlah mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang ada di Bali.

Nantinya, tenaga swaber dari mahasiswa bakal bergabung dengan tim swaber dan tracer dari unsur TNI dan Polri. Mereka bakal bergerak bersama-sama.

“Akan dibentuk beberapa tim sesuai jumlah lokasi yang ditargetkan untuk tracing dan testing,” ujar Gubernur Bali Wayan Koster dikutip dari Radarbali.id.

Jika dari hasil tracing dan testing ditemukan yang positif, maka langsung dibawa ke tempat isolasi terpusat yang disediakan di masing-masing wilayah berbasis desa.

Kontrak erat yang bakal diikutkan tracing dan testing adalah keluarga, tetangga kontak erat dan tempat bekerja.

Untuk isolasi terpusat dan kebutuhan yang diperlukan, disiapkan oleh pemerintah kabupaten/kota, kecamatan, desa dengan memanfaatkan fasilitas kecamatan atau desa.

Satgas bakal menyebar sejumlah tenaga swaber untuk melakukan tracing dan testing. Mereka bakal membantu tenagha swaber di puskesmas di seluruh Bali.