Covid-19 Melonjak, Telemedisin Kembangkan Sayap Luar Jawa-Bali, Ada 17 Platform loh!

Rabu, 16 Februari 2022 – 00:27 WIB
Covid-19 Melonjak, Telemedisin Kembangkan Sayap Luar Jawa-Bali, Ada 17 Platform loh! - JPNN.com Bali
Illustration for telemedicine. (ANTARA/HO-Pexel).

bali.jpnn.com, JAKARTA - Telemedisin memperluas pelayanan perawatan pasien Covid-19 isolasi mandiri (isoman) secara gratis hingga luar Pulau Jawa dan Bali.

Perluasan layanan tersebut dilakukan oleh 17 platform. 

"Sejak awal pandemi, layanan telemedisin telah dapat diakses oleh seluruh masyarakat hingga di daerah selama pengguna terhubung dengan jaringan internet," kata Ketua Aliansi Telemedik Indonesia (ATENSI) Purnawan Junadi yang dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (15/2). 

Ia mengatakan terdapat 17 platform telemedisin yang tergabung di ATENSI bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan RI untuk menyediakan layanan telekonsultasi secara gratis bagi masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Bagi mereka yang terpapar tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan untuk dapat melakukan isolasi mandiri.

Menurut Purnawan masyarakat yang terkonfirmasi positif Covid-19 terlihat dari hasil swab PCR yang menunjukan hasil positif dan terdaftar di sistem New All Record (NAR) Kemenkes RI.

"Kalau terdaftar di NAR, maka akan mendapatkan pesan WhatsApp dari Kemenkes yang berisikan informasi terkait link layanan telemedisin gratis dari 17 Platform penyedia layanan telemedisin," katanya. 

Tidak hanya layanan telemedisin saja yang diberikan secara gratis, juga disediakan obat secara gratis.

Kasus Covid-19 melonjak, telemedisin mulai kembangkan sayap di luar Jawa-Bali, ada 17 platform loh!
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News