Denpasar Pusing Masalah Sampah, Pemkot Gencar Dirikan Bank Sampah

Sabtu, 05 Februari 2022 – 17:29 WIB
Denpasar Pusing Masalah Sampah, Pemkot Gencar Dirikan Bank Sampah - JPNN.com Bali
Pemkot Denpasar gencar dirikan bank sampah upaya jaga lingkungan bersih. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Denpasar

bali.jpnn.com, DENPASAR - Problema sampah di Denpasar coba ditanggulangi dengan mendirikan bank sampah. 

Melalui upaya ini, diharapkan tumpukan sampah di tempat penampungan sementara atau tempat pembuangan akhir (TPA) Suwung menurun.

"Selain dukungan dari Pemerintah Kota Denpasar, ini juga didukung oleh Tim Penggerak PKK hingga ke desa dan kelurahan," kata Lurah Dangin Puri, Kecamatan Denpasar Timur, I Gusti Agung Gede Okariawan di Denpasar, Sabtu(5/2).

Ia mengatakan bank sampah tersebut didirikan atas inisiatif PKK yang didukung oleh kepala lingkungan dan pengurus banjar, salah satunya di Dusun/Banjar Kayumas Kelod.

"Secara bertahap kami dorong setiap banjar atau masing-masing lingkungan memiliki bank sampah, sehingga masyarakat tidak lagi kesulitan membuang sampahnya," ujarnya.

Okariawan lebih lanjut mengatakan dengan adanya bank sampah diharapkan dapat menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, mengurangi sampah yang terbuang ke tempat pembuangan sementara (TPS), sehingga lingkungan menjadi bersih dan membuat sampah jadi barang bernilai ekonomis.

"Saat ini setelah diluncurkan langsung gerak cepat mencatat keanggotaan, sehingga kami harapkan masyarakat ikut peduli lingkungan lewat bank sampah," ucapnya.

Okariawan menambahkan dengan program ini selain menjaga lingkungan, juga diharapkan mampu berkontribusi dalam mengatasi permasalahan sampah perkotaan. 

Denpasar pusing kelola masalah sampah, pemerintah kota gencar dirikan bank sampah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News