Kakao Jembrana Tembus Pasar Amerika Hingga Eropa, LPEI Turun Tangan

Minggu, 02 Januari 2022 – 01:11 WIB
Kakao Jembrana Tembus Pasar Amerika Hingga Eropa, LPEI Turun Tangan - JPNN.com Bali
Petani Kakao Jembrana menunjukkan hasil panennya yang bisa menembus pasar Amerika hingga Eropa. Foto: ANTARA

bali.jpnn.com, JEMBRANA - Tahun 2021 menjadi berkah bagi Koperasi Kerta Semaya Samaniya (KSS), cikal bakal Desa Devisa Kakoa yang berlokasi di Desa Nusasari, Jembrana, Bali.

Pasalnya, Koperasi KSS berhasil melakukan ekspor kakao ke sejumlah negara wilayah Eropa yaitu Belgia dan Belanda, Jepang, dan Amerika Serikat dengan total pengiriman mencapai 12,5 ton.

Jika dibandingkan dengan sebelumnya pada 2020, Koperasi KSS pada 2021 mendapatkan peluang untuk masuk ke pasar Amerika Serikat.

"Peluang bagi Koperasi KSS bisa masuk pasar Amerika.

Namun, juga ada tantangan yang harus dihadapi oleh Koperasi KSS antara lain berkaitan dengan adanya pemenuhan aturan Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat.

Kami bangga karena mampu menembus pasar Amerika di tengah kondisi pandemi seperti saat ini," kata Ketua Koperasi KSS I Ketut Wiadnyana.

Ketut Wiadnyana menambahkan, pada 2022 pihaknya memiliki target setidaknya hasil produksi biji kakao fermentasi kering mencapai 75 ton dan kini koperasi juga sedang melakukan beberapa persiapan untuk ekspor ke Valrhona, Perancis.

Keberhasilan ini menginisiasi Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank turun tangan melakukan pendampingan ke Desa Devisa Kakao di Jembrana, Bali.

Kakao Jembrana berhasil menembus Pasar Amerika hingga Eropa. LPEI atau Eximbank ikut turun tangan melakukan pendampingan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News