Produk Kakao Jembrana Bali Mendunia, tak Mudah Meleleh, Cita Rasanya Unik

Selasa, 20 Februari 2024 – 07:54 WIB
Produk Kakao Jembrana Bali Mendunia, tak Mudah Meleleh, Cita Rasanya Unik - JPNN.com Bali
Produk kakao petani Jembrana saat panen beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA/Humas Pemkab Jembrana.

bali.jpnn.com, DENPASAR - Produk Kakao Jembrana Bali kian mendunia.

Pengakuan tersebut datang dari Alliance of Bioversity International dan the International Center for Tropical Agriculture (CIAT) Amsterdam, Belanda.

Dua lembaga internasional yang fokus dengan produk kakao itu memberikan penghargaan Cacao of Excellence Award kepada Desa Devisa Kakao Jembrana pada 8 Februari 2024 lalu.

Penghargaan tersebut bertujuan mendorong transformasi industri kakao untuk terus berinovasi, menciptakan keunggulan kakao, dan menerapkan bisnis yang berkelanjutan.

Tim panelis terdiri dari 32 ahli, termasuk pakar pembuat cokelat, spesialis evaluasi sensorik, dan ahli asal biji cokelat.

Mereka menilai 222 sampel biji kakao dari 52 negara peserta, seperti Afrika dan Samudra Hindia, Asia-Pasifik, Amerika Tengah dan Karibia, serta Amerika Selatan.

Setelah melalui proses evaluasi, 50 nominasi teratas memenuhi syarat untuk meraih penghargaan emas, perak, dan perunggu.

Biji kakao Jembrana sendiri menawarkan aroma dan cita rasa unik, dengan tekstur yang tidak mudah meleleh sehingga mampu menjadi komoditas ekspor unggulan.

Produk Kakao Jembrana Bali mendunia setelah meraih penghargaan di Amsterdam, Belanda, dikenal tak mudah meleleh, cita rasanya unik
Sumber ANTARA
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News