500 Mobil Listrik Siap Beraksi di KTT G20

Selasa, 28 Desember 2021 – 18:00 WIB
500 Mobil Listrik Siap Beraksi di KTT G20 - JPNN.com Bali
Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury meresmikan SPKLU menjelang perhelatan KTT G20 di Bali pada 2022. Foto: ANTARA/HO

bali.jpnn.com, JAKARTA - Panitia Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan menggunakan 500 unit mobil listrik selama konferensi berlangsung.

Demikian ungkap Wakil Menteri BUMN Pahala Nugraha Mansury di Jakarta, Selasa (28/12).

Kebijakan tersebut diharapkannya akan diikuti oleh institusi lain, seperti BUMN, BUMD, maupun pemerintah daerah dalam menyambut KTT G20

"Contohnya begitu banyak kendaraan operasional yang dimiliki oleh BUMN, pemerintah daerah maupun kendaraan karyawan-karyawati yang beroperasi di kawasan Bali," imbuhnya.

Lebih lanjut, Pahala menyampaikan bahwa biaya operasional kendaraan listrik lebih rendah dibandingkan kendaraan konvensional, sehingga dapat menjadi pilihan bagi institusi yang sedang memerlukan efisiensi untuk kegiatan operasional.

"Sebetulnya bagi pengguna motor listrik, saat ini kalau dia berkendara 60-70 kilometer per hari, penghematan per bulan bisa mencapai Rp300-400 ribu, berarti untuk satu tahun penghematannya bisa mencapai Rp4-5 juta," jelasnya. 

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menegaskan pihaknya akan menambah pengoperasian SPKLU di Bali, apalagi Kementerian BUMN mempertimbangkan provinsi Bali sebagai kawasan percontohan akselerasi ekosistem kendaraan listrik. 

"Akselerasi ekosistem KBLBB di Bali akan menjadi model bagi wilayah lainnya untuk membangun infrastruktur SPKLU dalam memberikan kemudahan pengisian energi listrik bagi masyarakat pemilik kendaraan listrik," kata Darmawan. 

Panitia akan menggunakan 500 mobil listrik saat KTT G20 berlangsung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News