Menarik, Virolog Unud Ungkap Covid-19 Berkaitan dengan Posisi Matahari, Begini Kalimatnya

Kamis, 23 Desember 2021 – 04:11 WIB
Menarik, Virolog Unud Ungkap Covid-19 Berkaitan dengan Posisi Matahari, Begini Kalimatnya - JPNN.com Bali
Ahli virologi Universitas Udayana Prof I Gusti Ngurah Kade Mahardika. Foto: Antara/Martha Herlinawati S

bali.jpnn.com, DENPASAR - Virolog Universitas Udayana (Unud) Prof Dr drh I Gusti Ngurah Kade Mahardika mengajak masyarakat Bali tidak lengah dengan penularan Covid-19, terutama saat libur Natal dan Tahun Baru 2022.

Yang menarik, guru besar Fakultas Kedokteran Hewan ini sedang mencoba melihat tren perkembangan kasus Covid-19 dikaitkan dengan posisi matahari dari khatulistiwa.

"Apakah ini valid atau tidak, nanti saya akan sampaikan pada bulan April atau Mei 2022," ujar Prof Kade Mahardika saat acara diskusi yang digelar Wartawan Peduli Bencana Bali itu.

Menurut Prof Kade Mahardika, jika melihat tren kasus pada 2021, puncak kasus Covid-19 terjadi saat posisi matahari berada jauh di utara khatulistiwa (Juni-Agustus).

Namun, kasus mulai menurun pada September (posisi matahari di khatulistiwa).

"Ini mungkin terkait dengan sifat virus covid-19 yang kurang tahan dengan cuaca panas.

Jadi, untuk Desember ini kita mesti lebih waspada karena kelembaban tinggi," kata Prof Kade Mahardika lagi.

Namun, kata Prof Kade Mahardika, jika vaksinasi Covid-19 kerjanya efektif dan tabiat varian ‘Omicron’ ringan, awal 2022 tidak akan terjadi ledakan kasus Covid-19 maupun peningkatan jumlah orang yang meninggal dunia karena virus dari Wuhan Tiongkok ini.

Menarik, Virolog Unud Prof Kade Mahardika mengungkap kasus covid-19 berkaitan dengan posisi matahari di garis khatulistiwa.
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News