China Klarifikasi Bangun Pangkalan Militer di Dekat Indonesia, Ungkap Fakta Ini

Sabtu, 28 Mei 2022 – 10:52 WIB
China Klarifikasi Bangun Pangkalan Militer di Dekat Indonesia, Ungkap Fakta Ini - JPNN.com Bali
Asap membubung di atas gedung setelah kerusuhan selama beberapa hari di Honiara, Kepulauan Solomon, Kamis (25/11/2021) dalam tangkapan layar yang diperoleh dari video rekaman 25 November dan didapat pada Sabtu (27/11/2021). Foto: Jone Tuiipelehaki/via REUTERS/HP/djo

bali.jpnn.com, BEIJING - China membantah pemerintahnya akan membangun pangkalan militer di Kepulauan Solomon yang berjarak 5.204 Km dari Indonesia.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan kerja sama keamanan antara China dan Kepulauan Solomon ini tidak menyasar pihak ketiga seperti banyak yang dikhawatirkan negara di kawasan ASEAN, seperti Indonesia.

“Tidak ada niatan membangun basis militer di sana,” ujar Menteri Luar Negeri China Wang Yi seperti yang dirilis Kementerian Luar Negeri China (MFA) di Beijing, Jumat kemarin.

Pernyataan Wang Yi disampaikan setelah dia bertemu dengan Menlu Kepulauan Solomon Jeremiah Manele di Honiara, Kepulauan Solomon, Kamis (26/5).

Mengenai perjanjian kerja sama keamanan kedua belah pihak, Wang Yi mengungkapkan tujuan pemerintahannya untuk membantu negara tersebut meningkatkan kemampuan di bidang penegakan hukum.

“Kesepakatan bisa membantu negara tersebut menjaga ketertiban umum, sekaligus melindungi warga negara China dan entitas China lainnya di Kepulauan Solomon,” kata Wang Yi.

Menlu Wang Yi menegaskan bahwa kerja sama itu bisa dipertanggungjawabkan, memiliki legitimasi, dan sah.

Kerusuhan parah yang pecah di Kepulauan Solomon pada November lalu telah telah menjatuhkan korban jiwa dan menimbulkan kerugian material.

Menteri Luar Negeri China Wang Yi melakukan klarifikasi terindikasi membangun pangkalan militer di dekat Indonesia, ungkap fakta ini
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News