China Bikin Panas Amerika Jelang G20 di Bali, Indonesia Dukung Xi Jinping

Minggu, 08 Mei 2022 – 10:11 WIB
China Bikin Panas Amerika Jelang G20 di Bali, Indonesia Dukung Xi Jinping - JPNN.com Bali
Anggota Dewan Negara merangkap Menteri Luar Negeri China Wang Yi (kiri) saat melakukan pertemuan virtual dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan, Jumat (06/5). Foto: ANTARA/FMPRC/mii

bali.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri China Wang Yi mengatakan negaranya siap memperdalam kerja sama dengan Indonesia di bidang politik, ekonomi, budaya, dan kemaritiman.

Kerja sama baru ini untuk mengantisipasi strategi Amerika Serikat di kawasan Asia Pasifik.

Amerika Serikat diketahui membangun kerja sama Indo-Pasitif, QUAD, AUKUS dan Five Eyes yang dianggap China justru memicu mental perang dingin yang sudah usang.

"Tidak masalah, apa pun strategi regional yang diusulkan, tetapi yang penting tujuannya harus saling menguntungkan dan memberikan manfaat daripada memenangkan satu pihak (zero-sum game)," kata Menlu Wang Yi saat melakukan pertemuan virtual dengan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurutnya, Presiden China Xi Jinping telah mengajukan Prakarsa Keamanan Global (GSI) agar setiap negara bisa mencapai keamanan bersama dan Prakarsa Pembangunan Global (GDI) yang didasari prinsip kerja sama yang saling menguntungkan.

"China siap bekerja sama dengan Indonesia mendukung implementasi GSI melalui perjanjian bilateral dan multilateral, meneruskan Lima Prinsip Koeksistensi Damai dan Semangat Bandung, dan menemukan jalan yang menjamin keamanan untuk semua, oleh semua dan dari semua," ujar Wang.

China juga mendukung Indonesia yang bertindak sebagai ketua G20 agar berkontribusi lebih banyak dalam mengatasi tantangan global pada era pascapandemi.

"China sangat mendukung Indonesia yang menjadi Ketua G20 dan mendorong KTT Bali nanti menghasilkan kesepakatan-kesepakatan tentang kesehatan global, transisi energi, transformasi digital, dan berkontribusi positif dalam menghadapi tantangan di era pascapandemi," bebernya.

Kebijakan China bikin panas Amerika Jelang G20 yang akan digelar Bali November 2022 nanti, di mana Indonesia dukung Presiden Xi Jinping
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News