Isu Rusia – Ukraina Jadi Batu Ujian Indonesia di G20, Dampaknya Nyata

Sabtu, 30 April 2022 – 05:22 WIB
Isu Rusia – Ukraina Jadi Batu Ujian Indonesia di G20, Dampaknya Nyata - JPNN.com Bali
Logo Presidensi G20 Indonesia 2022 terpajang di Bundaran HI, Jakarta, Jumat (21/1/2022). Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan/aww.

bali.jpnn.com, JAKARTA - Koordinator Nasional Publish What You Pay (PWYP) dan Co-Chair C20 Indonesia (mitra resmi G20 dari organisasi masyarakat sipil) Aryanto Nugroho mengatakan isu agresi militer Rusia ke Ukraina menjadi batu uji atas kepemimpinan Indonesia dalam G20.

Jika Indonesia bisa melalui ini dengan baik dampaknya akan luar biasa bagi reputasi maupun perekonomian nasional.

Aryanto Nugroho mafhum bahwa isu agresi militer Rusia ke Ukraina sedikit banyak dipastikan akan berpengaruh terhadap perekonomian nasional dan kawasan.

Namun demikian, krisis kemanusiaan harus menjadi perhatian utama di atas kepentingan lainnya.

"Ini sejalan dengan politik luar negeri bebas aktif Indonesia. Itulah mengapa C20 juga mendesak anggota G20 untuk berperan aktif menghentikan agresi militer Rusia ke Ukraina," kata Aryanto Nugroho.

Sejauh ini dalam mengikuti perkembangan pembahasan di kelompok kerja G20, sejumlah isu dan prioritas tetap dibahas sesuai jadwal dan cukup mendapatkan atensi.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu mengatakan bahwa Indonesia akan selalu menjaga dialog antara negara anggota.

"Karena, sekali lagi, G20 dibangun di atas konsensus, dan semaksimal mungkin untuk mencapai konsensus tentang isu-isu yang sangat penting bagi ekonomi global, stabilitas, dan kemakmuran," kata Febrio Kacaribu.

Isu agresi militer Rusia ke Ukraina jadi batu ujian kepemimpinan Indonesia di G20, dampaknya nyata bagi perekonomian nasional dan global
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News