Jokowi Sentil Perang Ukraina di Depan Kongres AS, Singgung Peran Amerika

Jumat, 13 Mei 2022 – 08:49 WIB
Jokowi Sentil Perang Ukraina di Depan Kongres AS, Singgung Peran Amerika - JPNN.com Bali
Presiden RI Joko Widodo menghadiri jamuan santap siang pemimpin negara-negara ASEAN oleh Ketua Dewan Perwakilan AS Nancy Pelosi dan Anggota Kongres AS di Capitol Hill, Washington DC, Amerika Serikat, Kamis (12/5). Foto: ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

bali.jpnn.com, WASHINGTON DC - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat kehormatan untuk berbicara pertama dan memperkenalkan pemimpin ASEAN saat jamuan santap siang dengan Ketua Dewan Perwakilan Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi dan Anggota Kongres AS di Capitol Hill, Washington DC, Kamis (12/5) waktu setempat.

Presiden Jokowi juga memimpin jalannya pertemuan bersama Nancy Pelosi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam jamuan santap siang dengan Kongres AS yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani.

Presiden Jokowi  menyinggung soal perang yang terjadi di Ukraina.

Menurut Presiden Jokowi, perang Ukraina telah berdampak pada ekonomi dunia termasuk kenaikan harga pangan, energi, dan inflasi.

“Perang di Ukraina menciptakan tragedi kemanusiaan yang luar biasa dan berdampak terhadap ekonomi global,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi mengungkapkan jika hukum internasional tidak dihormati, multilateralisme ditinggalkan dan unilateralisme dikedepankan, maka apa yang terjadi di Ukraina dapat terjadi di wilayah lain, termasuk di Indo-Pasifik.

Presiden Jokowi mengajak Amerika Serikat untuk menjadi bagian dari upaya menciptakan perdamaian, stabilitas dan kerjasama inklusif yang saling menguntungkan di Indo-Pasifik.

Presiden Jokowi menyentil perang Ukraina di depan Ketua DPR AS Nancy Pelosi dan anggota Kongres AS, singgung peran Amerika Serikat
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News