Amerika Pantang Diremehkan China, Kirim USS Port Royal di Selat Taiwan

Rabu, 11 Mei 2022 – 08:42 WIB
Amerika Pantang Diremehkan China, Kirim USS Port Royal di Selat Taiwan - JPNN.com Bali
Armada Angkatan Laut Amerika Serikat USS Sampson (DDG-102) (en.wikipedia.org)

bali.jpnn.com, TAIWAN - Militer Amerika Serikat pantang dianggap remeh seusai angkatan perang China melakukan latihan di Selat Taiwan, Selasa kemarin (10/5).

Amerika Serikat melalui armada ke-7 Angkatan Laut AS langsung mengerahkan kapal penjelajah berpeluru kendali USS Port Royal.

Kapal perang tersebut melakukan transit rutin di Selat Taiwan melalui perairan internasional.

Ini adalah kali kedua militer Amerika Serikat transit di jalur air tersebut.

"Kapal itu transit melalui koridor di selat yang berada di luar laut teritorial negara kawasan pantai mana pun," kata Armada ke-7 Angkatan Laut AS dilansir Antara dari Reuters.

Menurut Armada ke-7 Angkatan Laut AS, transit USS Port Royal melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

“Militer Amerika Serikat terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan oleh hukum internasional," tuturnya.

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan kapal AS berlayar ke utara melalui selat itu, dan situasi di jalur air itu normal seperti biasa.

Amerika Serikat pantang diremehkan China seusai negara itu melakukan latihan militer. Amerika kirim USS Port Royal di Selat Taiwan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News