Akademisi UI Puji Langkah Presiden Jokowi Selesaikan Konflik Rusia - Ukraina

Sabtu, 30 April 2022 – 13:13 WIB
Akademisi UI Puji Langkah Presiden Jokowi Selesaikan Konflik Rusia - Ukraina - JPNN.com Bali
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Ricardo/JPNN.com

bali.jpnn.com, JAKARTA - Langkah Presiden Joko Widodo alias Jokowi berbicara dengan sejumlah kepala negara, termasuk Rusia dan Ukraina, agar perang segera dihentikan di Ukraina, mendapat pujian banyak pihak.

Menurut Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana, langkah Presiden Jokowi menyelesaikan konflik Rusia dan Ukraina selaras dengan amanat yang termaktub dalam Pasal 2 Ayat 3 Piagama PBB.

“Harapan Presiden Jokowi yang mengimbau agar perbedaan antarnegara bisa diselesaikan secara damai sudah tepat,” ujar Hikmahanto Juwana.

Menurut Hikmahanto Juwana, apresiasi juga patut diberikan kepada Jokowi karena telah mengundang Presiden Zelenskyy ke pertemuan KTT G20.

Seperti halnya presiden-presiden G20 terdahulu, Indonesia memiliki diskresi untuk mengundang siapa pun yang dianggap penting ke KTT G20.

Hikmahanto mengatakan undangan kepada Zelenskyy dimaksudkan agar AS dan sekutunya tetap hadir di KTT G20 November 2022 nanti.

Hikmahanto Juwana juga memberikan apresiasi kepada Presiden Jokowi yang menolak dengan tegas permintaan bantuan senjata dari Presiden Zelenskyy.

Menurutnya, Jokowi dengan tepat menolak permintaan itu atas dasar konstitusi dan prinsip politik luar negeri RI yang bebas dan aktif.

Akademisi Universitas Indonesia memuji langkah Presiden Jokowi menyelesaikan konflik Rusia - Ukraina

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News