Presiden Ukraina Minta Bantuan Senjata ke Indonesia, Respons Jokowi Tegas

Jumat, 29 April 2022 – 19:12 WIB
Presiden Ukraina Minta Bantuan Senjata ke Indonesia, Respons Jokowi Tegas - JPNN.com Bali
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy meminta bantuan senjata ke Indonesia untuk melawan Rusia. Foto: ANTARA/Kepresidenan Ukraina via Reuters/as

bali.jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo alias Jokowi memastikan mengundang Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy seteru Rusia untuk datang sebagai tamu undangan.

Undang serupa dilayangkan ke Presiden Rusia Vladimir Putin.

Rencananya, KTT G20 dihadiri para kepala negara dan pemerintahan anggota G20 dan akan berlangsung pada 30-31 Oktober 2022.

Presiden Jokowi menyebut undangan itu dia sampaikan melalui percakapan via telepon dengan Presiden Zelenskyy pada Rabu, 27 April 2022 pukul 15.00 WIB.

Dalam perbincangan telepon dengan Presiden Ukraina, Jokowi mengaku memperoleh update mengenai perkembangan situasi saat ini di Ukraina.

Menurut Presiden Jokowi, dalam pertemuan tersebut dibahas juga mengenai berbagai permintaan bantuan persenjataan dari Indonesia.

"Saya menegaskan bahwa sesuai dengan amanat konstitusi dan prinsip politik luar negeri Indonesia melarang pemberian bantuan persenjataan kepada negara lain," ujar Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor sebagaimana yang ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (29/4).

Namun, Presiden Jokowi menyampaikan kesiapan pemerintah Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan.
"Saya sampaikan mengenai harapan agar perang dapat segera dihentikan dan solusi damai melalui perundingan dapat dikedepankan," beber Presiden Jokowi.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy meminta bantuan persenjataan ke Indonesia saat diundang menghadiri KTT G20 di Bali, respons Jokowi tegas
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News