TNI AU – BRIN Modifikasi Cuaca di Langit Sirkuit Mandalika, Sebar Garam di Udara

Sabtu, 20 November 2021 – 12:53 WIB
TNI AU – BRIN Modifikasi Cuaca di Langit Sirkuit Mandalika, Sebar Garam di Udara - JPNN.com Bali
Prajurit TNI menyiapkan garam yang akan dibawa menggunakan pesawat Cassa untuk ditaburkan di atas ketinggian 9.000 sampai dengan 10.000 di area yang telah ditentukan. (Istimewa/Radarlombok.co.id)

bali.jpnn.com, LOMBOK TENGAH - Untuk mengendalikan dan mengurangi curah hujan di langit Sirkuit Mandalika selama ajang balapan jet darat World Superbike (WSBK), World Supersport (WorldSSP),

dan Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), TNI Angkatan Udara (AU) bekerja sama dengan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) menggelar penyemaian NaCl Powder (garam).

Garam tersebut ditabur di tenggara Lombok Tengah dengan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) .

Menurut koordinator lapangan TMC Lombok Adi Bayu, tabur garam ini merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan dan mengurangi curah hujan khususnya di area yang mendekati Sirkuit Mandalika.

TNI mengerahkan Pesawat TNI AU Cassa 212 Aviocar dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh Malang.

Mereka akan melaksanakan misi TMC selama tiga hari dipiloti oleh Mayor Pnb Andika Ardyagana dan Lettu Pnb Yusuf Erlangga.

Adi Bayu mengatakan, pesawat Cassa akan menaburkan garam seberat 800 kilogram dengan ketinggian 9.000 sampai dengan 10.000 feet di area yang sudah ditentukan.

NaCl seberat 4.8 ton didatangkan dari Jakarta, dengan menggunakan pesawat TNI AU CN-295 Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdana Kusuma dengan tail number A-2901, yang dipiloti oleh Mayor Pnb Suma dan Kapten Pnb Riyo.

TNI AU dan BRIN memodifikasi cuaca di langit Sirkuit Mandalika untuk mengendalikan hujan di kawasan Mandalika. Caranya dengan menyebar garam ke udara
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News