PLN NTT Alirkan Listrik ke Desa yang Masih Pakai Genset, Jatmiko: Kasihan Kemahalan

Jumat, 05 November 2021 – 13:14 WIB
PLN NTT Alirkan Listrik ke Desa yang Masih Pakai Genset, Jatmiko: Kasihan Kemahalan - JPNN.com Bali
General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur Agustinus Jatmiko. Foto: Antara/Aloysius Lewokeda

bali.jpnn.com, KUPANG - PLN tengah memprioritaskan membangun jaringan untuk melistriki desa-desa di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang masih menggunakan ganset sebagai sumber penerangan.

Kebijakan ini muncul setelah ada ratusan desa yang menggunakan listrik non PLN yang diadakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) ataupun swadaya dari warga.

Sumber listrik non PLN yang digunakan seperti Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hydro (PTLMH), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sendiri yang secara kelistrikan sudah bagus.

Namun, ada desa-desa yang masih menggunakan ganset seperti sekitar Kecamatan Fatuleu Barat, Kabupaten Kupang, Pulau Timor.

"Desa-desa yang masih menggunakan mesin ganset, dan minyak jadi prioritas PLN untuk masuk ke sana," kata General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur Agustinus Jatmiko.

"Kalau menggunakan mesin diesel atau ganset dengan bahan bakar minyak kan mahal, sehingga kami bangun jaringan PLN ke sana agar bisa warga bisa menikmati pasokan listrik yang lebih memadai dan murah," katanya.

Agustinus menegaskan pada prinsipnya PLN tetap akan hadir melistriki yang desa-desa sumber listriknya dari non PLN dengan memprioritaskan pada desa-desa yang benar-benar membutuhkan. (antara/lia/JPNN)

PLN tengah fokus mengalirkan listrik ke desa-desa yang masih pakai genset di Provinsi NTT

Redaktur & Reporter : Ali Mustofa

Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News