PLN Jamin Pasokan Listrik ke Bali Aman Setelah Perbaikan Gardu Induk di Paiton Selesai

Minggu, 17 Oktober 2021 – 13:34 WIB
PLN Jamin Pasokan Listrik ke Bali Aman Setelah Perbaikan Gardu Induk di Paiton Selesai - JPNN.com Bali
Petugas melakukan pengecekan pada IBT #1 di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Paiton. Foto: ANTARA/HO-PLN UIT JBM.

bali.jpnn.com, DENPASAR - General Manager PLN Unit Induk Transmisi Jawa Bagian Timur & Bali (UIT JBM) Suroso mengatakan, jaringan ke Bali kini memiliki tegangan 500/150 KV dengan kapasitas daya 500 MVA.

Dengan usai rampungnya perbaikan pada IBT #1 di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Paiton, ini, PLN UIT JBM memastikan tidak ada kendala lagi terkait pasokan listrik ke Jawa dan Bali.

"Tepat pada 14 September lalu kami memulai pekerjaan penggantian IBT #1 Paiton untuk menjaga keandalan suplai listrik ke Bali.

IBT ini menyuplai energi listrik sebesar 272 MW yang disalurkan ke GI Situbondo menuju GI Banyuwangi dan kemudian diteruskan ke Bali dengan daya sebesar 225,3 MW," ujar Suroso.

Untuk menyelesaikan pekerjaan ini, kata Suroso, sebanyak 51 personel dikerahkan sehingga pekerjaan dapat terlaksana lebih cepat.

Suroso memastikan operasional IBT #1 Paiton ini akan sangat membantu subsistem kelistrikan di Bali yang memiliki beban puncak sebesar 650 MW.

"Untuk menyalurkan ke Bali, kami menggunakan kabel bawah laut dari Cable Head (CH) Ketapang ke CH Gilimanuk yang bertegangan 150 KV," kata Suroso.

Menurut Suroso, PLN akan selalu memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan, sehingga pekerjaan pemeliharaan wajib dilakukan pada semua infrastruktur kelistrikan agar tetap optimal dalam menjaga keandalan. (antara/lia/JPNN)

PLN UIT JBM menjamin pasokan listrik ke Bali aman terkendali setelah ada perbaikan di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi Paiton, Jatim.

Redaktur & Reporter : Ali Mustofa

Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News