IDI Sebut Semua Puskesmas di NTT Punya Dokter Umum, Sentil Gaji Tak Sesuai Standar

Senin, 25 Oktober 2021 – 00:05 WIB
IDI Sebut Semua Puskesmas di NTT Punya Dokter Umum, Sentil Gaji Tak Sesuai Standar - JPNN.com Bali
Seorang dokter di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, sedang memberikan suntikan vaksinasi COVID-19 kepada salah seorang warga beberapa waktu lalu. Foto: ANTARA/Benny Jahang

bali.jpnn.com, KUPANG - Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dr Stef Soka mengatakan, ketersediaan tenaga dokter di NTT semakin memadai dalam 10 tahun terakhir.

Hal ini terjadi setelah pemerintah kabupaten/kota di Provinsi NTT bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang mendapatkan tenaga dokter umum untuk ditugaskan di Puskesmas.

"Hampir semua Puskesmas kabupaten/kota di NTT telah memiliki tenaga dokter untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama di daerah pedalaman,” ujar Ketua IDI NTT dr Stef Soka.

Menurutnya, kondisi ini terjadi lantaran adanya percepatan pengadaan dokter umum yang dilakukan pemerintah kabupaten/kota di Provinsi NTT.

Menurut dr Stef Soka, keberadaan Fakultas Kedokteran Undana sangat membantu Pemerintah di NTT untuk mendapatkan tenaga dokter yang ditugaskan di Puskesmas .

Keberadaan beasiswa bagi tenaga dokter sangat membantu pemenuhan tenaga dokter sehingga semua puskesmas di NTT telah memiliki tenaga dokter umum.

“Distribusi tenaga kesehatan di puskesmas sudah merata di NTT," kata Stef Soka.

Dia menambahkan salah satu persoalan yang dihadapi saat ini masih kecilnya pendapatan para dokter yang belum sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan IDI.

IDI NTT sebut semua puskesmas di NTT kini punya dokter umum. Sayang gaji yang diperoleh para dokter tersebut tidak sesuai standar
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News