Daun Kelor dari Ngada NTT Tembus Pasar Ekspor, Ini Daftar Komoditas Lain yang Siap Menyusul

Sabtu, 23 Oktober 2021 – 01:09 WIB
Daun Kelor dari Ngada NTT Tembus Pasar Ekspor, Ini Daftar Komoditas Lain yang Siap Menyusul - JPNN.com Bali
Ilustrasi daun kelor. Foto: Pixabay

bali.jpnn.com, NGADA - Luar biasa.

Produk olahan daun kelor asal Bajawa, Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) sukses menembus pasar Singapura dan Hongkong pada akhir September 2021.

Tahap pertama, 24 kilogram daun kelor sukses menembus pasar ekspor.

Untuk memacu semangat petani setempat menembus pasar ekspor, Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Ende melakukan bimbingan teknis bagi para petani kelor guna memacu ekspor daun kelor.

“Selaku koordinator Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) di wilayah NTT, kami siap mengawal program peningkatan ekspor pertanian ini,” kata Kepala Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Ende, Kostan Manalu.

Konstan Manalu bahkan memberikan apresiasi kepada petani di Bajawa, Ngada, NTT, yang sukses menambah deretan komoditas pertanian unggulan ekspor.

Selain kelor, pihaknya telah memberikan fasilitasi ekspor pada beberapa komoditas unggulan, antara lain kopra, porang, kopi, vanili, dan biji mede.

Pendampingan bagi pelaku usaha agribisnis yang diberikan di antaranya bimbingan teknis pemenuhan persyaratan ekspor negara tujuan,

Daun kelor dari Bajawa, Ngada, NTT kini berhasil menembus pasar ekspor. Yang menarik, selain daur kelor, ada beberapa komoditas yang bisa diekspor