Epidemiologi Undana Ingatkan Warga Tidak Lengah Covid-19 Melandai, Awas

Rabu, 20 Oktober 2021 – 13:54 WIB
Epidemiologi Undana Ingatkan Warga Tidak Lengah Covid-19 Melandai, Awas - JPNN.com Bali
Ilustrasi pemakaian masker. Foto: Ricardo/JPNN.com

bali.jpnn.com, KUPANG - Sejak pertengahan September hingga saat ini, kasus covid-19 di seluruh Indonesia cenderung melandai.

Angka kesembuhan terus meningkat, sementara kasus baru cenderung menurun.

Meski cenderung melandai, ahli epidemiologi Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) Dr Pius Weraman mengingatkan masyarakat tidak terlena.

Kebijakan pelonggaran pembatasan kegiatan masyarakat saat ini tidak boleh dimaknai bebas melakukan aktivitas berkerumun dan abai memakai masker.

“Jangan sampai lengah karena risiko penuluaran covid-19 yang lebih dahsyat pada gelombang berikutnya masih berpotensi terjadi,” ujar Dr Pius Weraman.

Menurutnya, apabila masyarakat tidak menaati semua anjuran pemerintah untuk pengendalian Covid-19, potensi terjadi lonjakan kasus sangat mungkin terjadi.

Berdasar data kasus konfirmasi Covid-19 di NTT tercatat 63.290 kasus, terbanyak di tiga kabupaten/kota, yaitu Kota Kupang, Sumba Timur, dan Sikka.

Jumlah kematian covid-19 di NTT 1.316 (case fatality rate 2,08 persen), berada di bawah nasional (3,4 persen).

Epidemiologi Undana ingatkan warga tidak lengah dengan melandainya kasus covid-19 karena berpotensi memicu gelombang berikutnya
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News