Polda NTB Tunggu Izin Jenderal Listyo Prabowo Berangkat ke Italia, Ada Apa?

Sabtu, 16 Oktober 2021 – 08:15 WIB
Polda NTB Tunggu Izin Jenderal Listyo Prabowo Berangkat ke Italia, Ada Apa? - JPNN.com Bali
Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Foto: ANTARA/HO via ITDC

bali.jpnn.com, MATARAM - Untuk mempelajari sistem pengamanan dan pengawalan ajang balap kelas dunia World Superbike Championshiop (WSBK) 19 – 21 November mendatang, jajaran Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) berencana menggelar studi banding ke Italia.

Polda NTB ingin mempelajari cara kepolisian Italia saat melaksanakan pengamanan di sirkuit balap yang terletak di dekat Misano Adriatico, Italia, yakni di Misano World Circuit Marco Simoncelli.

Kepala Biro Operasional Polda NTB Kombes Imam Thobroni mengatakan, bahwa pihaknya tidak hanya mempelajari pola pengamanan.

Namun, juga mempelajari bagaimana metode penanggulangan insiden yang berkaitan dengan keselamatan jiwa dalam ajang perhelatan balap kelas dunia tersebut.

"Makanya nanti kami juga akan ajak direktur RSUP NTB ke sana. Karena beliau sebagai penanggung jawab di bidang kesehatan," ujar Kombes Imam Thobroni.

Menurut rencana, studi banding bakal berlangsung 18 hingga 26 Oktober mendatang.

Untuk kepastian studi banding masih menunggu izin resmi dari Kapolri Jenderal Listyo S Prabowo.
Kombes Imam Thobroni mengatakan, rencana studi banding Polda NTB bersama instansi pemerintahan tidak hanya sebagai bekal kesiapan menyambut WSBK.

Rencana ini juga dipastikannya sebagai bagian dari kesiapan daerah dalam pengamanan ajang MotoGP yang agendanya terlaksana di Sirkuit Mandalika pada 18-20 Maret 2022.
"Dari segi personel, TNI-Polri sudah siap.

Polda NTB tunggu izin Kapolri Jenderal Listyo Prabowo berangkat ke Italia untuk studi banding pengamanan dan pengelolaan Sirkuit Mandalika