Gempa Dangkal Guncang Dompu NTB, BMKG: Dipicu Aktivitas Sesar Busur Belakang Flores

Selasa, 05 Oktober 2021 – 19:48 WIB
Gempa Dangkal Guncang Dompu NTB, BMKG: Dipicu Aktivitas Sesar Busur Belakang Flores - JPNN.com Bali
Ilustrasi gempa laporan gempa yang dirilis BMKG yang terjadi di Dompu, NTB, Selasa (5/10) malam. (Istimewa)

bali.jpnn.com, DOMPU - Masyarakat Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), dikagetkan dengan getaran gempa yang berlangsung seper sekian detik, Selasa (5/10) malam pukul 19.00 Wita.

Berdasar laporan masyarakat setempat, guncangan dirasakan di wilayah Dompu II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi dengan kekuatan 4,5 skala richter (SR) tersebut.

Berdasar analisa BMKG, episenter gempa terletak pada koordinat 8,15° LS; 118,10° BT, atau tepatnya di darat pada jarak 58 km barat laut Dompu pada kedalaman 20 KM.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi, S.Si mengatakan, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Thrust).

“Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelas Ardhianto Septiadhi dilansir dari Radarlombok.co.id.

Pasca gempa induk, biasanya masih terjadi gempa susulan.

Namun, hingga pukul 19.51 Wita, belum ada tanda-tanda gempa susulan yang terjadi.

Gempa dangkal guncang wilayah Dompu NTB, Selasa malam. BMKG menganalisa kondisi ini terjadi akibat aktivitas sesar busur belakang Flores