26 Gempa Guncang Bali Sepanjang Bulan Juli, BBMKG Bilang Tidak Terasa

Senin, 09 Agustus 2021 – 12:24 WIB
26 Gempa Guncang Bali Sepanjang Bulan Juli, BBMKG Bilang Tidak Terasa - JPNN.com Bali
Ilustrasi gempa. (Antara/JPNN)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar melaporkan sepanjang periode bulan Juli 2021 terjadi 26 gempa di Bali.

16 kali gempa atau 69 persen merupakan gempa bumi dengan kedalaman kurang dari atau sama dengan 60 km, sedangkan 8 kejadian berada pada kedalaman 60 hingga 300 km.

Berdasar katagori, gempa berkedalaman kurang dari atau sama dengan 60 km tergolong gempa dangkal. Sedangkan gempa berkedalaman 60 hingga 300 km disebut gempa menengah

Gempa dangkal disebabkan aktivitas sesar lokal, sementara gempa menengah disebabkan aktivitas subduksi.

 "Pada umumnya kejadian gempa memang didominasi oleh gempa dangkal,” ujar Kepala Kelompok Kerja Sub Bidang Pengumpulan dan Penyebaran BBMKG Wilayah III Denpasar Yohanes Agus dikutip dari Radarbali.id.

BBMKG mencatat, dari 26 gempa yang terjadi pada bulan Juli di wilayah Bali, sebanyak 88,5 persen atau 23 kejadian diketahui berkekuatan kurang dari 3 skala richter.

Sedangkan 11,5 persen atau 3 kejadian berkekuatan 3 hingga kurang dari 5. Karena mayoritas kekuatan gempa relatif kecil, maka hal itu cenderung tidak dirasakan oleh masyarakat.

Sementara gempa bumi pada bulan Juni 2021 lalu terjadi sebanyak 24 kali, dengan 23 kali tidak terasa dan 1 kali terasa.

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar melaporkan sepanjang periode bulan Juli 2021 terjadi 26 gempa di Bali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News