Bali Selatan Diguncang Gempa M 4,4, Getaran Terasa di NTB, Ini Analisis BMKG

Senin, 28 Oktober 2024 – 11:34 WIB
Bali Selatan Diguncang Gempa M 4,4, Getaran Terasa di NTB, Ini Analisis BMKG  - JPNN.com Bali
Ilustrasi gempa yang mengguncang Bali Selatan dengan kekuatan 4,4 SR yang terjadi pada Senin 28 Oktober 2024 pukul 10.21 WITA. Foto: Instagram @bmkgbali

bali.jpnn.com, DENPASAR - Gempa kembali mengguncang Provinsi Bali, Senin (28/10).

Berdasar laporan BMKG, gempa terjadi pada pukul 09.21 WIB atau 10.21 WITA dengan kekuatan magnitudo 4,4 skala richter (SR).

Berdasarkan hasil analisis BMKG, episenter gempa berada pada koordinat 8.99 LS – 114.98 BT.

Gempa berlokasi di laut pada jarak 34 km barat daya Kuta Selatan, Badung, Bali pada kedalaman 70 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, lindu yang terjadi merupakan jenis gempa menengah.

Gempa ini terjadi akibat aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo – Australia (Intra Slab Earthquake) yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia,” tulis BMKG Denpasar di akun resminya.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini diakibatkan oleh sesar turun dengan kominasi mendatar (normal oblique fault).

Berdasar laporan masyarakat, guncangan akibat gempa terasa di wilayah Denpasar dan Kuta pada kisaran III MMI, sementara di wilayah Bangli, Gianyar, Jembrana, Mataram, Pulau Lombok, hingga Sumbawa sebesar II MMI.

Berdasar laporan BMKG, gempa terjadi pada pukul 09.21 WIB atau 10.21 WITA dengan kekuatan magnitudo 4,4 skala richter (SR).
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News