Warga Heboh Buleleng Diguncang Gempa Berkali-kali, Terasa Seperti ada Truk Melintas

Jumat, 06 Agustus 2021 – 04:00 WIB
Warga Heboh Buleleng Diguncang Gempa Berkali-kali, Terasa Seperti ada Truk Melintas - JPNN.com Bali
Ilustrasi data gempa yang mengguncang Buleleng, Kamis (5/8) kemarin. (Instagram BBMKG Wilayah III Denpasar)

bali.jpnn.com, SINGARAJA - Gempa tektonik dengan magnitude 3,6 skala richter. mengguncang Buleleng kemarin pagi (5/8). Gempa dengan skala III MMI terasa seperti ada truk besar yang melintas.

BMKG Wilayah III Denpasar menyatakan pusat gempa terletak pada koordinat 8,12° LS ; 115,23° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km arah Tenggara Kabupaten Buleleng, pada kedalaman 10 km.

Lokasi gempa diprediksi berada di sekitar Kubutambahan, Buleleng. Selang beberapa jam kemudian, terjadi gempa susulan dengan magnitude 3,4 skala richter. Gempa terjadi sekitar pukul 23.28 Wita, dengan posisi 30 km barat daya Buleleng pada kedalaman 10 km.

10 menit pasca gempa kedua, kembali terjadi gempa dengan magnitude 2,3 SR pada pukul 23.35 Wita dengan posisi 25  Km barat daya Buleleng di kedalaman 18 km.

Sampai saat ini tak ada laporan kerusakan yang disampaikan warga. Hanya saja sempat terjadi kehebohan, karena getaran gempa terasa cukup kuat.

Sejumlah warga mengaku sempat terkejut dengan guncangan gempa itu. Meski begitu tak terjadi kepanikan yang berlebihan, sebab tak terjadi gempa susulan.

Gede Jumat Adi Jaya, salah seorang ASN, mengaku saat itu dirinya tengah berjemur di halaman kantor. Tetiba ia merasakan getaran yang cukup kuat. Beruntung dirinya sudah berada di luar kantor.

“Biasanya memang jam 08.00 pagi itu baru masuk ke ruangan. Saya pas posisi sedang berjemur di kantor, ada gempa. Sempat kaget juga, tapi kan pas posisi sudah di luar ruangan,” kata Jumat.

Gempa tektonik mengguncang Buleleng berkali-kali kemarin. Gempa dengan skala III MMI terasa seperti ada truk besar yang melintas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News