BMKG: Satelit Milik Lapan Pantau Tujuh Titik Panas di Wilayah NTT

Jumat, 27 Agustus 2021 – 13:09 WIB
BMKG: Satelit Milik Lapan Pantau Tujuh Titik Panas di Wilayah NTT  - JPNN.com Bali
Tujuh titik panas terekam kamera satelit Terra milik Lapan di sejumlah kabupaten di Provinsi NTT. Foto: Antara/Aloysius Lewokeda

bali.jpnn.com, KUPANG - Tujuh titik panas (hot spot) muncul di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (26/8) kemarin mulai pukul 01.00 hingga 19.00 Wita.

Titik panas itu terpantau Stasiun Meteorologi El Tari Kupang , NTT, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Tujuh hot spot terpantau dari citra satelit dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen,” kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG Agung Sudinono Abadi.

Titik panas itu masing-masing terpantau di satu titik di Kecamatan Pembantu Pantar Kabupaten Alor, satu titik di Kecamatan Ile Ape Kabupaten Lembata dan satu titik di Kecamatan Talibura Kabupaten Sikka.

Selain itu terpantau empat titik di Kabupaten Sumba Timur yakni satu titik di Kecamatan Lewa, dua titik di Kecamatan Pahungalodu, dan Kecamatan Pandawai satu titik.

“Sebaran titik panas terekam dari pantauan Satelit Terra, Aqua, Suomi NPP dan NOAA20 milik Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan),” ujarnya.

Menurutnya, satelit akan mendeteksi anomali suhu panas dalam luasan 1 km persegi.

Pada suatu lokasi di permukaan bumi akan diobservasi 2-4 kali per hari.

BMKG melaporkan satelit milik Lapan memantau tujuh titik panas yang tersebar di sejumlah kabupaten di Provinsi NTT
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News