Prakiraan Cuaca Besok dan Sepekan di NTT: Hujan Deras, Waspadai Madden Julian Oscillation, Ada yang Paham Ini Apa?

Rabu, 09 Februari 2022 – 08:59 WIB
Prakiraan Cuaca Besok dan Sepekan di NTT: Hujan Deras, Waspadai Madden Julian Oscillation, Ada yang Paham Ini Apa? - JPNN.com Bali
Ilustrasi hujan disertai petir yang terjadi beberapa hari ke depan. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

bali.jpnn.com, KUPANG - Prakiraan cuaca untuk wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) masih tetap harus diwaspadai.

Hujan deras masih berpotensi terjadi di NTT dalam sepekan ke depan.

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Agung Sudiono mengimbau warga agar waspada. 

"Selama sepekan ke depan, NTT masih berada di periode puncak musim hujan dengan kelembaban yang cukup tinggi serta kondisi labilitas lokal yang kuat sehingga berpotensi terjadi hujan ringan hingga lebat," kata Agung Sudiono Abadi di Kupang, Selasa (8/2). 

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan prospek cuaca dalam satu minggu ke depan (8-14 Februari 2022) di wilayah NTT. 

Agung menjelaskan potensi pembentukan awan-awan konvektif di NTT mulai meningkat sehingga berpotensi terjadinya hujan ringan hingga lebat. 

Di sisi lain, posisi gelombang atmosfer atau Madden Julian Oscillation (MJO) sekarang berada di Kuadran 3 yang berkontribusi terhadap proses pembentukan awan hujan. 

Potensi hujan deras bisa melanda semua wilayah di NTT yang tersebar di berbagai pulau seperti Timor, Flores, Sumba, Sabu, Alor, Pantar, Adonara, Solor dan Lembata. 

Prakiraan cuaca besok dan sepekan di NTT: terjadi hujan deras, waspadai Madden Julian Oscillation, ada yang paham ini apa?
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News