Kekerdilan dan Buang Air Besar di Kabupaten Kupang, NTT, Mulai Dilirik Dompet Dhuafa

Selasa, 08 Februari 2022 – 01:23 WIB
Kekerdilan dan Buang Air Besar di Kabupaten Kupang, NTT, Mulai Dilirik Dompet Dhuafa - JPNN.com Bali
Pelaksanaan kegiatan lokakarya terkait penanganan masalah kekerdilan (stunting) di Kabupaten Kupang, NTT, di Oelamasi, Kamis (3/2/2022). Foto: ANTARA/HO-LKC Dompet Dhuafa NTT

bali.jpnn.com, KUPANG - Masalah kekerdilan masih belum terpecahkan sepenuhnya di Indonesia.

Untuk itu, perhatian dari berbagai pihak akan sangat membantu.

Lembaga nirlaba Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) Dompet Dhuafa Nusa Tenggara Timur berkomitmen membantu penanganan masalah kekerdilan (stunting) pada anak-anak di Kabupaten Kupang, Pulau Timor melalui Program Kawasan Sehat. 

"Pada 2022 ini kami menambahkan satu lokasi binaan untuk Program Kawasan Sehat di Desa Akle yang menjadi desa lokus stunting dengan prevalensi 40,2 persen. Ini merupakan bagian dari komitmen kami untuk membantu penanganan stunting di Kabupaten Kupang," kata Kepala LKC Dompet Dhuafa NTT Ummi K Muhammad di Kupang, Jumat, dalam keterangan yang diterima di Kupang, Sabtu  (5/2). 

Ia menjelaskan, dukungan penanganan kekerdilan di Kabupaten Kupang juga dijalankan melalui pendampingan pemberdayaan masyarakat yang sudah dimulai sejak 2018, menyasar tiga desa yaitu Oebelo, Tuapukan, dan Raknamo

Melalui pendampingan itu, kata dia telah terbangun sebanyak 384 unit jamban untuk mewujudkan desa tanpa buang air besar sembarangan. 

Ummi mengatakan LKC DD berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam upaya pencapaian Open Defecation Free (ODF) atau stop buang air besar sembarangan serta penurunan kasus kekerdilan di Kabupaten Kupang. 

Melalui program yang ada, kata dia pihaknya juga menjalin sinergitas dan koordinasi bersama lintas sektor di kabupaten setempat.

Masalah kekerdilan dan buang air besar sembarangan di Kabupaten Kupang, NTT, mulai dilirik Dompet Dhuafa
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News