MotoGP Mandalika Dapat Rp 576 Miliar dari Pusat, Tuntaskan Persoalan Banjir Hingga Macet

Selasa, 25 Januari 2022 – 10:10 WIB
MotoGP Mandalika Dapat Rp 576 Miliar dari Pusat, Tuntaskan Persoalan Banjir Hingga Macet - JPNN.com Bali
Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Foto: ANTARA/HO via ITDC/pri.

bali.jpnn.com, MATARAM - Pemerintah berupaya sekuat mungkin untuk menyiapkan even internasional MotoGP.

Pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR mengucurkan anggaran Rp 576 miliar lebih untuk penataan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dalam rangka persiapan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

Kepala Dinas PUPR Nusa Tenggara Barat, Ridwan Syah mengatakan, anggaran tersebut dialokasikan ke dalam beberapa pembenahan.

"Sesuai arahan Presiden saat mengecek persiapan MotoGP, tidak boleh macet, tidak boleh kumuh dan tidak ada genangan, maka Kementerian PUPR mengalokasikan anggaran Rp576 miliar untuk menata kawasan Mandalika," ujarnya di Mataram, Senin (24/1).

Untuk saluran pengendali banjir KEK Mandalika tahap II sepanjang 7,6 km nilainya mencapai Rp 120 miliar. 

Selanjutnya, pembangunan Jalan Bypass BIL-Mandalika tahap II sepanjang 17,36 km senilai Rp 204 miliar lebih. 

Kemudian pelebaran jalan Kuta-Keruak sepanjang 5,3 km senilai Rp 136 miliar lebih sehingga untuk dua ruas jalan itu total anggaran mencapai Rp 362 miliar lebih. 

Selain untuk penataan koridor kawasan Mandalika, alokasi anggaran itu juga diperuntukkan penataan rumah-rumah warga yang nilainya mencapai Rp 94 miliar lebih. 

Persiapan MotoGP Mandalika mendapat dana sebesar Rp 576 Miliar dari pemerintah pusat, dialokasikan untuk pengendali banjir hingga isu kemacetan yang akan ditimbulkan
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News