PLN NTT Manfaatkan Abu Sisa PLTU Bolok untuk Infrastruktur dan UMKM, Lihat Realisasinya Selama Ini

Selasa, 25 Januari 2022 – 01:55 WIB
PLN NTT Manfaatkan Abu Sisa PLTU Bolok untuk Infrastruktur dan UMKM, Lihat Realisasinya Selama Ini - JPNN.com Bali
Bupati Kupang Korinus Masneno (kiri) bersama Manager PLN UPK Timor Aris Kurniawan (kedua kiri) berpose sambil menunjukkan dokumen kerja sama pemanfaatan material sisa PLTU Bolok atau Fly Ash Buttom Ash (FABA), di Kupang, Kamis (20/1/2022). Foto: ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT

bali.jpnn.com, KUPANG - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) menggandeng Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kupang untuk meningkatkan perekonomian daerah.

Kerja sama tersebut dilakukan dengan memanfaatkan Fly Ash Buttom Ash (FABA) atau material sisa Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Bolok yang akan digunakan untuk mendukung pembangunan infrastruktur di kabupaten setempat. 

"Melalui kerja sama ini kami akan memanfaatkan produk material sisa PLTU atau FABA untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Kabupaten Kupang," kata Manager PLN UPK Timor Aris Kurniawan dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat (21/1). 

Pihaknya telah menandatangani kerja sama pemanfaatan FABA dengan Bupati Kupang Korinus Masneno sebagai tindak lanjut dari amanah pemerintah pusat kepada PLN untuk membuka kerja sama dengan seluruh pihak dalam pengelolaan FABA sekaligus meningkatkan pembangunan di daerah.

Aris Kurniawan menjelaskan produk FABA dapat meningkatkan ekonomi daerah karena memiliki nilai tambah ketika dimanfaatkan untuk memproduksi material bangunan seperti paving, bata interlock. 

"Sejauh ini PLN sudah manfaatkan produk FABA untuk program bedah rumah, pembangunan rumah ibadah di NTT," katanya. 

Ia berharap pemanfaatan FABA dari PLTU Bolok juga bisa dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung program pembangunan Pemkab Kupang. 

Sementara itu Bupati Kupang Korinus Masneno mendukung kerja sama pemanfaatan FABA PLTU Bolok untuk meningkatkan pembangunan maupun perekonomian Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah itu. 

PLN NTT bersama Pemkab Kupang telah bekerja sama manfaatkan abu sisa PLTU Bolok untuk infrastruktur dan UMKM, lihat realisasinya selama Ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News