Permudah Ketenagakerjaan, Pemerintah Siapkan Anjungan SIAPKerja di Mandalika

Selasa, 18 Januari 2022 – 21:30 WIB
Permudah Ketenagakerjaan, Pemerintah Siapkan Anjungan SIAPKerja di Mandalika - JPNN.com Bali
Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja Caswiyono Rusydie bersama Direktur Bina Penyelenggaraan Pelatihan Vokasi dan Pemagangan Kemnaker Muhammad Ali, Kepala Pusat Perencanaan Kemnaker Siti Kustiati saat rapat Koordinasi bersama Kadisnaker NTB, I Gde Aryadi, Komisi V DPRD NTB dan BLK Lombok Timur dan ITDC di KEK Mandalika, Senin (17/1/2021). Foto: ANTARA/Nur Imansyah

bali.jpnn.com, MANDALIKA - Bersamaan dengan datangnya MotoGP pada Maret mendatang, pemerintah juga makin memantapkan sistem ketenagakerjaan di Mandalika.

Hal tersebut dilakukan dengan membentuk pusat pelayanan ketenagakerjaan atau Anjungan Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (Anjungan SIAPKerja) di KEK Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, NTB.

"Presiden telah menetapkan 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) dari 10 DSP, salah satunya DSP Mandalika. Kehadirannya diharapkan dapat dirasakan manfaatnya dalam sektor Ketenagakerjaan, khususnya bagi masyarakat NTB,” Staf Khusus Menteri Tenaga Kerja Caswiyono Rusydie di KEK Mandalika, Senin (17/1).

Anjungan SIAPKerja konsepnya semacam pelayanan terpadu satu atap (PTSA), yang menyediakan pelayanan ketenagakerjaan secara digital, mulai dari pelayanan pelatihan untuk mempersiapkan SDM yang terampil dan berkompeten. 

"SIAPKerja saat ini masih web-based. Semoga dalam waktu dekat aplikasi Android dan IOS-nya sudah bisa muncul. Jadi, kalau pencari kerja register di Anjungan SIAPKerja memasukkan profilnya, lulusan apa, punya sertifikat apa, mencari kerja untuk jabatan apa, maka tenant di ITDC ini yang membutuhkan pekerja dengan spesifikasi tersebut di-match-kan melalui aplikasi SIAPKerja itu," ucapnya. 

Anjungan itu disiapkan untuk help desk. 

"SIAPkerja merupakan branding baru dari Kementerian Ketenagakerjaan dengan melakukan penyempurnaan di berbagai segi dari Sisnaker, sistem informasi ketenagakerjaan yang terdahulu," ujarnya.

Nantinya, menurut dia, tinggal disesuaikan dengan lowongan kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan/badan usaha. 

Permudah sistem ketenagakerjaan, pemerintah telah menyiapkan Anjungan SIAPKerja di Mandalika
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News