Pembangunan Jurassic Park di Pulau Rinca Segera Rampung, Begini Rupanya

Kamis, 30 Desember 2021 – 12:42 WIB
Pembangunan Jurassic Park di Pulau Rinca Segera Rampung, Begini Rupanya - JPNN.com Bali
Dokumentasi - Seekor Komodo (Varanus komodoensis) berjalan di pinggir pantai Pulau Komodo, di Komplek Taman Nasional Komodo, NTT. Foto: ANTARA/Widodo S

bali.jpnn.com, JAKARTA - Pembangunan sarana wisata Loh Buaya di Pulau Rinca, yang sempat diisukan akan dibangun menjadi taman wisata berkonsep "Jurassic Park", di Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT) akan segera rampung. 

Demikian disampaikan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Agung Rulianto dalam siaran pers yang diterima, di Jakarta, Kamis (30/12).

"Melihat penataan sarana di Pulau Rinca ternyata jauh dari kesan mewah. Tim KSP memantau, proses pembangunan sarana wisata Loh Buaya di Pulau Rinca sudah mendekati tahap akhir. Dari luas keseluruhan Pulau Rinca 20.000 hektare, pembangunan penataan sarana hanya berada di area 1,3 hektare. Itu pun berada di pinggir pulau dengan jarak 500 meter dari dermaga Loh Buaya, " jelasnya.

Tim KSP menyampaikan sebelumnya sebuah informasi sempat membuat heboh yakni Indonesia akan membangun Taman Jurassic di Taman Nasional Komodo

Selain menjadi perbincangan di kalangan pegiat lingkungan dalam negeri, informasi tersebut sempat menjadi konsumsi hingga di luar negeri.

Menurut Agung, kekhawatiran tersebut bisa dipahami, karena informasi itu diasosiasikan dengan film Jurassic Park yang sempat menjadi tontonan dalam deretan box office dunia. 

Presiden Joko Widodo telah mencetuskan program wisata premium di kawasan konservasi Taman Nasional Komodo (TNK) Nusa Tenggara Timur (NTT), pada akhir tahun lalu. 

Pulau Rinca terletak di sebelah barat Flores dengan dipisahkan selat Molo. 

Pembangunan taman nasional komodo Jurassic Park di Pulau Rinca segera rampung, begini rupanya lebih detil
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News