Bule Australia Pemanjat Pohon Beringin Sakral Lolos Sanksi Deportasi?

Selasa, 14 Juni 2022 – 09:05 WIB
Bule Australia Pemanjat Pohon Beringin Sakral Lolos Sanksi Deportasi? - JPNN.com Bali
Samuel Lockton, bule asal Australia diminta turun dari pohon beringin sakral di area Pura Prajapati, Abiantuwung, Kediri, Tabanan. (Tangkapan layar)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Nasib baik berpihak ke Samuel Lockton, 31, bule Australia, pemanjat pohon beringin sakral di Desa Abiantuwung, Kediri, Tabanan dan Canggu, Badung.

Saat bule cantik Alina dan WNA Kanada Jeffrey Douglas Craigen dideportasi seusai beraksi telanjang di Bali, Samuel Locton justru lolos dari sanksi tegas itu.

Alasannya, bule Australia telah meminta maaf kepada masyarakat Indonesia, khususnya warga Bali, atas perbuatannya memanjat pohon di tempat ibadah umat Hindu Bali.

Samuel Lockton mengaku kepada petugas tidak mengetahui perbuatannya itu mengganggu ketertiban umum.

"Yang bersangkutan mengaku tidak mengetahui perbuatannya tersebut telah mengganggu ketertiban umum, dan dia tidak mempunyai maksud untuk tidak menghormati budaya Bali," kata Kakanwil Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu.

Karena itu, Kanwil Kemenkumham Bali maupun Kantor Imigrasi Denpasar belum menjelaskan kelanjutan dari pemeriksaan Samuel Lockton, termasuk terkait dengan kemungkinan yang bersangkutan dideportasi atau kena sanksi pidana.

Masalahnya, aksi pelecehan yang dilakukan Samuel Lockton, bukan sekali, tetapi dua kali.

Kepada petugas Imigrasi, Samuel Lockton mengaku pernah memanjat dua pohon di daerah Canggu, Badung, untuk menyalurkan hobinya memanjat dan membuat konten.

Bule Australia pemanjat pohon beringin sakral Samuel Lockton lolos sanksi deportasi dan pidana?
Facebook JPNN.com Bali Twitter JPNN.com Bali Pinterest JPNN.com Bali Linkedin JPNN.com Bali Flipboard JPNN.com Bali Line JPNN.com Bali JPNN.com Bali

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Bali di Google News