Pencari Suaka Asal Suriah Dipulangkan, Begini Ceritanya Bisa Sampai ke Bali

Kamis, 16 September 2021 – 14:16 WIB
Pencari Suaka Asal Suriah Dipulangkan, Begini Ceritanya Bisa Sampai ke Bali - JPNN.com Bali
Louay Shoukair (kiri) asal Suriah dikenai tindakan administratif keimigrasian berupa pemulangan sukarela ke negaranya. (istimewa)

bali.jpnn.com, DENPASAR - Setelah melaporkan diri ke Rudenim Denpasar pada 9 Juni 2021 sebagai pengungsi mandiri yang ingin pulang sukarela ke negaranya, Suriah, Louay Shoukair, akhirnya dipulangkan ke negaranya.

Louay Shoukair dipulangkan ke Suriah setelah 5 tahun berada di Bali tanpa kejelasan penempatan ke negara ketiga, kemarin (15/9).

Pemulangan dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Imigrasi dan UNHCR.

Permohonanan itu akhirnya disetujui  melalui surat Direktur Jenderal Imigrasi nomor IMI.5-GR.03.07-41 tanggal 04 Agustus 2021. 

"Dia (Louay Shoukair) ingin segera ke Suriah melalui Libanon untuk dapat memperoleh perawatan kesehatan lebih intensif

melalui dukungan keluarganya di Suriah dan Libanon," ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Jamaruli Manihuruk, Kamis (16/9) dilansir dari Radarbali.id.

Louay Shoukair terpaksa tinggal di Bali karena sempat mengalami kecelakaan di Bali dan mengalami dislokasi tulang leher, bahu dan tangan kanannya.

Louay Shoukair dipulangkan dengan terbang dari Bali pada Rabu kemarin (15/9) menggunakan pesawat Batik Air nomor penerbangan ID6051 pukul 11.40 WITA menuju Bandara  Soekarno-Hatta.

Pencari suaka asal Suriah, Louay Shoukair dipulangkan ke negaranya setelah lima tahun menetap di Bali untuk menuju penempatan negara ketiga